loading...

Referensi Cara Membuat Web CMS Sekolah dengan “Instan” Menggunakan CMS Balitbang Sorce code Gratis

sempat ada yang menanyakan tentang sebuah contoh website sekolah kepada kami melalui blog ini. Kebetulan juga kami dapat dari http://gedelumbung.com/  yang kami sajikan untuk bahan refrensi yang kalian butuhkan, ada beberapa contoh yang dulu pernah saya buat dengan framework CodeIgniter. Dan pada postingan sebelumnya sudah saya bagikan source kodenya klik disni , semoga bisa dipelajari dan dikembangkan lagi ke arah yang lebih baik. Nah, tepatnya 1 minggu yang lalu saya mendapatkan sebuah pekerjaan serupa untuk membuat website sekolah dalam waktu 3 hari. Sempat kelimpungan juga karena hanya diberikan batas waktu sedikit. Akhirnya saya disarankan untuk menggunakan CMS Balitbang. “Apaan tuh CMS Balitbang…???”. CMS Balitbang adalah sebuah CMS yang dibuat oleh kemenristek RI yang memang dikhususkan untuk pembuatan sistem informasi berbasis website untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Saya juga baru tau, kalau ada CMS seperti ini. Kebanyakan website sekolah-sekolah saat ini dibangun dengan CMS Joomla, Drupal atau Mambo.

ternyata lumayan lengkap juga modul-modul yang ditawarkan. Seperti modul data siswa, data guru, sampai forum untuk komunitas alumi pun ada. Dan yang lebih menarik lagi, forumnya mirip dengan jejaring sosial Facebook. Desain tampilannya mengadopsi konsep template, yang desainnya bisa dibuat dengan software Artister, hampir sama seperti membuat desain blog untuk blogspot. Yang sering ngoprek template blogspot, pasti sangat familiar dengan cara-caranya tersebut.

Referensi Cara Membuat Web CMS Sekolah dengan “Instan”  Menggunakan CMS Balitbang Sorce code Gratis

Web ini masih belum menggunakan konsep OOP. Suatu keuntungan untuk rekan-rekan yang masih belum menguasai OOP. Mungkin tujuannya dibuat seperti itu, agar semua orang bisa memodifikasi dan menggunakannya tanpa harus memiliki skill pemrograman yang mumpuni alias advance. Lumayan mudah juga untuk membuat modul-modul yang ingin kita tambahkan di CMS ini. Walaupun awalnya memang pusing memahami alur aplikasinya dan mencari file-file yang digunakan.

Nah itu sedikit refrensi dan pengalaman yang saya dapatkan ketika mencoba CMS buatan dalam negeri ini. Sebenarnya ini hanya refrensi CMS website sekolah yang hampir siap pakai. Digunakan sesuai kebutuhan, misalnya jika dibutuhkan cepat, tinggal pakai CMS ini saja. 

0 Response to "Referensi Cara Membuat Web CMS Sekolah dengan “Instan” Menggunakan CMS Balitbang Sorce code Gratis"

Post a Comment

Kunjungi Fasnpage Kami